Senin, 18 Agustus 2008

GW Ga Sendiri

Di salah satu lorong sekolah terlihat Gadis sedang duduk melamun membayangkan wajah pacarnya yang selalu membuatnya menangis. Tiba-tiba muncul Rio di depan wajahnya dan membuyarkan lamunan Gadis akan pacarnya, “Woii..bengong aja loe!!” teriak Rio. “Aduuh..apaan sih loe?!” jawab Gadis kesal. Rio pun menggeleng-gelengkan kepalanya sembari melihat wajah sahabatnya yang sedang murung memikirkan masalah yang sedang dialaminya. “Kenapa?? Cerita-cerita dong ke gw, jelek-jelek gini’kan sahabat loe juga..” tegas Rio. Gadis pun tersenyum kecil meskipun wajahnya murung, tapi senyum manis yang ada di bibir mungilnya. “Yo, kenapa sih cowo gitu banget ama cewe? Seenak mereka aja klo lagi ngomong, apalagi marah-marah. Gw bener-bener ga terima, bonyok gw aja ga pernah ngemarahin gw..” jelas Gadis kesal. Batin Rio lucu mendengar kata-kata sahabatnya yang sok gaul saat bilang bonyok alias bokap nyokap, padahal Gadis selalu menyebut ayah bunda. “Ya udah..sekarang liat perkembangannya dulu, klo dia udah main tangan sama loe. Loe harus ngeluarin kata putus” jawab Rio tegas. Gadis pun menjawab, “Terlambat dong gw nyeritain masalah gw ke loe, Gw udah ngambil keputusan gw sendiri dengan ngediemin si Gun dan ngebiarin hubungan gw tanpa komunikasi apapun alias GANTUNG, hee..hee.. kaya lagunya Melly Goeslaw aja’ kan??”. Rio pun terkejut dan berkata, “Ya ampun..loe ngegantungin dia??! Tega banget siy sahabat gw sendiri..”. “Abis gw bt banget ma dia..!!” jawab Gadis marah. Rio pun menenangkan hati Gadis dengan memberi beberapa saran, “Ya udah..sekarang loe tenang aja deh. Lagipula kita kan mau UAN, masalah sepele kaya gitu ga usah loe pikirin. Nanti malah ngerusak nilai loe. Gw kaya gini karena gw sayang ama loe, dan loe perempuan. Gw menghargai sikap loe sebagai perempuan”, jelas Rio. Gadis pun menceritakan tentang Gun kepada Rio, “Sebenernya gw udah satu bulan ngegantungin si Gun”. Tiba-tiba mereka pun diam sejenak, Rio pun heran sembari melihat sikap Gadis seperti ini, “Ya ampun, gw harus gimana yah??” batin Rio. Beberapa menit kemudian Gadis menceritakan semuanya ke Rio, “Gw selalu cerita ke beberapa orang yang gw anggap adalah sahabat gw”, Loe tau kan yo, gw sayang banget ma gun, apalagi kita beda 7 tahun, kedewasaan yang gw harepin dari dia” tutur gadis”.” Namun semua itu hanya pandangan gw sebelah mata, kerap setiap dia ngadepin masalah selalu gw yang menjadi incaran kemarahannya yang meledak-ledak” sambung gadis terdengar berapi-api.” Pernah satu hari gw buat kesalahan, loe tau ga yo apa yang Gun lakuin?dia hampir bikin gw mati” ada nada marah disana. “Gw takut klo satu kali udah terjadi, gimana dengan hari berikutnya? Pasti lebih mengerikan lagi..”, jelas Gadis trauma. “Yo, gw takut klo gw sendiri, dan nggak ada satu pun orang yang mau nemenin gw, gimana klo gw menghadapi berbagai masalah?? Itu yang selalu ada di benak gw” tandas gadis.” Apalagi ketakutan ketika gw harus menjelaskan alasan apa yang membuat gw harus mutusin Gun. Gw takut berhadapan dengan Gun yang temperamental, yang nggak mau ngerti akan kesalahan yang pernah ia buat dan membalikkan fakta bahwa gw yang selalu melihat kesalahan-kesalahan dia. Gun egois dan nggak mau ngerti, tapi dari satu sisi gw ngertiin banget klo Gun adalah anak semata wayang di keluarganya. Gw tahu itu adalah tabiatnya, tabiat yang tidak dapat diubah. Loe pun tahu bagaimana sifatnya” jelas Gadis sekali lagi. “Ya udah, ngedengerin cerita loe kaya gitu gw bisa nyimpulin. Loe bisa bikin puisi kan? sekarang loe kirim puisi aja buat dia, tapi jangan terlalu emosi dan loe juga minta maaf atas kesalahan yang pernah loe buat. Gimana, dis?”, jelas Rio. Gadis terdiam mendengar saran yang Rio berikan, tapi..”Ok..gw bisa, pasti bisa. Gw nggak sendiri dan gw juga nggak akan mati klo gw putus ama dia”, tegas Gadis mantap. “Itu, baru namanya sahabat gw..”, jawab Rio sambil tersenyum bangga.
***
Malam hari ketika Gadis sedang belajar, Gadis pun langsung mengambil Nokia N73 miliknya dan mengetik sebuah puisi di layar handphone-nya
“Bila rasa pernah menjalin suatu asmara
Bila jiwa pernah terjalin dalam ikatan cinta
Kuingin kita sudahi jalinan cinta dalam ikatan asmara
Karena atas nama cinta kuingin kita hidup dalam ruang berbeda
Hilangkan derai dendam dan dusta diantara kita
Hilangkan arus hitam yang meregangkan jalinan saudara
Karena kini, kuingin kita hidup sendiri saja… sekarang tinggal gw kirim ke 2beWithU, trus OK deh..” kata Gadis sambil mengirim SMS puisi yang berisikan kata putus.
Beberapa menit kemudian, trit..trit..trit.. “Ya ampun, koq isinya.. ‘Ini sikap yang selama ini ada pada diri kamu?? Sampe putus lewat SMS segala..ini yang dinamakan kedewasaan, ini yang dinamakan kebijaksanaan??’” . “Iih..nyebelin banget siy,,untung aja lewat sms gimana klo ngomong langsung? Gw kelabakan kali..” sahut Gadis kesal ketika menerima balasan sms dari Gun.
Gadis pun ragu apakah harus membalas sms dari Gun atau tidak, tiba-tiba ‘1 Message Received’ dari Rio “Gimana udah SMSin Gun belum?”. “Udah, tapi lebih jelasnya besok gw ceritain deh..OK!”, balas Gadis.
***
Pagi-pagi dari kejauhan terlihat Rio sudah duduk dibangkunya, Gadis pun mendekati dan berkata “Hey…tumben loe dateng pagi??”, Rio pun menjawab dengan senyuman “Ya iyalah..gw’kan mau ngedengerin kabar terbaru dari silitbritis kita ini..”. Gadis pun langsung menjawab dengan emosi, “Eh..” tapi Rio pun langsung memotong emosi Gadis dengan berkata, “Jangan marah dong cantik…nanti cantiknya luntur lho??!!” sembari mengerlingkan matanya. “Gw sebel banget tahu nggak ama yang namanya cowo..”, kata Gadis kesal. “Wah..gw nggak terima klo gw disamain ama cowo loe itu. Emang dimata loe cowo itu sama? Loe jangan berpikir kaya gitu??!! Enak aja gw disamain ama cowo loe yang Childish itu..sorry ya,,”, sahut Rio kesal. “Iya..iya..sorry deh,,maafin Gadis yah”, kata Gadis sambil memelas. “Iya, gw maafin. Sekarang loe jangan mikir klo loe sendiri. Banyak orang yang sayang ama loe termasuk gw juga, dan sekarang loe juga harus berpikir 1000 kali lagi klo mau pacaran ama cowo yang bener-bener loe sayang”, tegas Rio sembari mengusap-usap kepala Gadis sambil mengecup keningnya.

Tidak ada komentar: